{[["☆","★"]]}
Acara Penyerahan Mini Bus di Masjid
Ijtijad Sebuton ole Sekda Wan Siswandi
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Pemerintah Kabupaten Natuna pada tahun 2017 lalu, berhasil mendapatkan beberapa bantuan dari Pemerintah Pusat, melalui Kementerian Perhubungan. Bantuan itu berupa alat transportasi darat yang salah satunya berupa 1 unit mini bus untuk Desa Mekar Jaya (Sebuton) Kecamatan Bunguran Barat dan 1 unit mini bus untuk Desa Cemaga Utara (Singgang Bulan) Kecamatan Bunguran Selatan.

Beberapa bantuan yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Natuna dari Pemerintah Pusat tersebut, baru diserahkan ke masing-masing Desa penerima bantuan, pada Mei 2018 ini.

Sekda Wan Siswandi dan Kades Mekar Jaya
Pada Jum’at (18/05/2018) petang, Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna, Wan Siswandi, menyerahkan mini bus tersebut ke Desa Mekar Jaya. 


Penyerahan secara simbolis oleh Sekda kepada Kades Mekar Jaya, Muhammad Isa di Masjid Ijtihad Sebuton disaksikan langsung oleh masyarakat setempat.
Acara di Masjid Ijtihad Sebuton


Dengan bantuan itu, Wan Siswandi berharap agar Pemerintah Desa Mekar Jaya dan masyarakat dapat menjaga dan merawat dengan baik. Pasalnya, tidak semua Desa di Natuna yang menerima bantuan alat transportasi darat untuk akomodasi masyarakatnya.

“Kalau ada kerusakan mesin atau biaya operasionalnya nanti, biayanya dibebankan dengan anggaran milik Desa, bukan Pemda. Makanya harus dijaga dan dirawat dengan sebaik mungkin,” pesan Wan Siswandi.

Kata Mantan Kadishub Natuna tersebut, bahwa Pemerintah Desa diberikan hak sepenuhnya untuk mengelola mini bus tersebut, melalui BUMDes. Dalam hal ini Pemda Natuna berharap, mini bus  nantinya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan transportasi masyarakat Mekar Jaya, untuk bepergian ke Kota Ranai Pulang-Pergi (PP).

“Masalah ongkos transportasinya nanti, dirapatkan saja sama masyarakat, yang penting jangan sampai memberatkan masyarakat,” tegas Wan Siswandi.

Sementara itu Kadis Perhubungan Natuna, Iskandar Dj, yang juga turut mendampingi Sekda melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Desa Mekar Jaya mengatakan, bahwa mini bus ini sudah dari tahun 2017 lalu diserahkan oleh Pemerintah Pusat kepada Pemda Natuna. Namun lantaran masih dipergunakan untuk sarana transportasi bagi tamu Pemda, akhirnya penyaluran ke Desa Mekar Jaya tertunda. Begitu juga dengan mini bus yang diperuntukkan untuk masyarakat Desa Cemaga Utara, yang baru akan diserahkan tahun ini.

Tahun depan, kata Iskandar Dj, pihaknya juga akan menerima bantuan transportasi darat dari Kementerian Perhubungan, berupa mobil Pick Up untuk Kecamatan Midai dan 1 unit Bus Damri untuk Kecamatan Bunguran Batubi.

“Mudah-mudahan semuanya berjalan dengan lancar. Apa yang menjadi kebutuhan dan demi lancarnya transportasi masyarakat, baik darat, laut dan udara, akan terus kita upayakan. Agar perekonomian masyarakat makin membaik, dengan adanya sarana transportasi yang memadai,” ungkap Iskandar.

Adw
 
Top