{[["☆","★"]]}
Kadisbup Natuna, Iskandar, Wabup Ngesti dan Direktur PT. Pelni M. Tukul Harsono
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Pada musim mudik hari raya 2018, sesuai instruksi Presiden,PT. Pelni menyiapkan seluruh armada kapal penumpang yang dimiliki guna melayani pemudik dari seluruh Indonesia termasuk Natuna.

Pada musim mudik kali ini, Pelni menyiapkan 5 armada kapal bagi pemudik  di Natuna. Di antaranya, KM.Bukit Raya, KM. Lawit, KM. sabuk Nusantara 30, KM. Sabuk Nusantara 39 dan KM. Sabuk Nusantara 60. Meskipun saat ini KM. Bukit Raya sedang mengalami kerusakan namun menurut Direktur Armada PT. Pelni, Muhamad Tukul Harsono, pihaknya optimis perbaikan Bukit Raya akan selesai sebelum musim mudik lebaran. Hal itu disampaikan Tukul saat jumpa pers dengan awak media di Ranai.

"Musim mudik kan masih setengah bulan lagi, semua kapal ready dan siap melayani penumpang dari Natuna," kata Tukul di Ranai,Jum'at (25/52/2018).

Tidak seperti tahun sebelumnya dimana pada saat arus mudik, Pelni mengalihkan kapal - kapalnya yang melayani rute Natuna ke daerah lain yang dinilai lebih ramai pemudiknya, namun tahun ini kapal rute Natuna tetap melayani seperti biasa.

"Malah kita tambah kan, KM. Lawit itu kan bukan rute Natuna sebenarnya, hanya kapal pengganti karena Bukit Raya sedang dalam proses perbaikan, tapi nanti pada musim mudik tetap Lawit akan melayani rute Natuna," tambah Tukul.

Selain itu pada tahun ini, Pelni bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga mengadakan mudik gratis yang akan dilaksanakan di seluruh Indonesia. Setiap BUMN akan memfasilitasi mudik gratis, dengan penyediaan tiket atau juga transportasi penunjang lainnya.

"Untuk di Natuna juga ada dapat program mudik gratis bersama BUMN, tapi saya belum tahu, BUMN yang dapat itu, nanti akan kita koordinasikan lagi," ujarnya.

Pelni juga telah menyiapkan armada kapal untuk melayani mudik gratis di Indonesia terutama untuk wilayah tertentu seperti di pulau Jawa.

Sementara itu guna mengatasi lonjakan penumpang pada arus mudik kali ini, terutama untuk antar pulau di Natuna, Kadis Perhubungan Natuna, Iskandar pada kesempatan yang sama, mengatakan Pemkab Natuna juga menyiapkan kapal alternatif milik masyarakat.

Selain itu pihak Dishub juga telah menghubungi Lanud Raden Sadjad agar dapat membantu transportasi mudik hari raya dengan menambah jadwal penerbangan Pesawat Angkutan Udara Militer (Paum), guna melayani rute Natuna Tanjung Pinang dan sebaliknya.

"Kita sudah koordinasi dengan Lanud Raden Sadjad, dan akan diupayakan kata Danlanud, untuk transportasi laut tidak ada masalah lagi," kata Iskandar.

Adw
 
Top