{[["☆","★"]]}
TS. Arif Fadillah saat Launching Digital Library
TANJUNGPINANG I KEJORANEWS.COM : Sekretaris Daerah Provinsi Kepri H. TS. Arif Fadillah mengajak seluruh instansi di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri agar semakin tanggap dan peka terhadap perubahan zaman. Mereka harus beradaptasi dengan melakukan inovasi berbasis teknologi dibidang pemerintahan. Karena melalui inovasi berbasis teknologi inilah pemerintah mampu menghasilkan kinerja pelayanan prima yang diinginkan masyarakat.

“Pemerintah Provinsi Kepri sangat mengapresiasi Organisasi Perangkat Daerah terkait yang tanggap dan peka menjawab tantangan zaman dengan terus berkarya menghasilkan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas,“ kata Arif saat memberikan sambutan pada acara Gebyar Perpustakaan dan Kearsipan 2018 serta Launching Aplikasi Kepri Digital Library, Aplikasi Pelayanan Arsip dan Aplikasi Pelayanan Perizinan di Halaman Kantor Badan Arsip Dan Perpustakaan Daerah Provinsi Kepri, Tanjungpinang, Sabtu (5/5/2018).

Arif berharap aplikasi Digital Library mampu memenuhi kebutuhan buku-buku digital bagi masyarakat dan menjadi solusi kendala akses pemustaka dalam memanfaatkan koleksi buku milik perpustakaan Provinsi Kepri.

Begitu juga Aplikasi Pelalayan Arsip diharapkan dapat melayani masyarakat dalam mengkses arsip-arsip public untuk kepentingan penelitian, informasi, pendidikan dan sejarah serta aplikasi Pelayanan Perizinan/ Non Perizinan secara online diharapkan mampu memberikan pelayanan prima bagi seluruh masyarakat dan meningkatkan pendapatan daerah melalui investasi baik dalam negeri maupun dari luar negeri.

“Aplikasi-aplikasi yang diluncurkan hari ini merupakan solusi sekaligus respon pemerintah Provinsi Kepri dalam kewajibannya melayani masyarakat secara efektif dan efisien melalui teknologi terkini,” kata Arif

Sementara itu Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kepri H. Amir Husin dalam laporannya menyampaikan bahwa Aplikasi Kepri Digital Library “Kacapuri” ini dapat hadir berkat kerjasama antara BPAD Provinsi Kepri dengan PT. Woluu Aksara Maya yang merupakan pelopor pertama di dunia yang membuat aplikasi khusus perpustakan dan kearsipan berbasis digital.

“Aplikasi ini adalah hibah dari PT. Woluu Aksara Maya kepada Pemerintah Provinsi melalui BPAD Provinsi Kepri. Aplikasi ini diberikan secara gratis untuk membantu pemerintah daerah meningkatkan minat baca masyarakat,” urainya.

Lebih lanjut Amir berharap dengan hadirnya aplikasi ini akan memudahkan dan meningkatkan gairah membaca generasi muda yang sekarang akrab dengan dunia digital karena membaca buku tidak harus ke perpustakaan lagi tapi bisa melalui gadget masing-masing.

“Aplikasi ini bisa di download di playstore dengan mengetikan kata kunci kacapuri,” jelasnya.

Dalam pada itu CEO PT. Woluu Aksara Maya pada kesempatan ini menjelaskan bahwa Aplikasi ini dipersembahkan kepada Provinsi Kepri dengan tidak memungut satu rupiahpun alias gratis dan merupakan Provinsi pertama di wilayah barat yang melaunching aplikasi ini.

Aplikasi ini bisa diakses di 132 negara di dunia. Yang menjadi istimewa dari aplikasi ini adalah salah satu foundernya adalah putra asli dari Kepulauan Riau yang lahir di Kijang, Saudara Gani, yang telah 7 tahun mengembangkan aplikasi ini, oleh karena itu bisa dikatakan ini adalah produk asli dari putra terbaik Kepri.

“Semoga kacapuri bisa menjadi satu media yang menarik buat masyarakat Kepri mempublikasikan budaya-budaya lokal yang luar biasa untuk dunia, dari Kepulauan Riau untuk dunia,” tutupnya.

(hzh/ Humas)
 
Top