{[["☆","★"]]}
Sosialisasi Imunisasi Rubella
LINGGA I KEJORANEWS.COM : Kepala Puskesmas Dabo Lama. dr.yan Cahyadi Anas menggelar sosialisasi mengenai imunisasi campak Rubella atau Measles Rubella (MR) di Sekolah Dasar Kecamatan Singkep. Rabu (11/4/2018).

dr. Yan mengatakan imunisasi penyakit campak Rubella akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2018 mendatang untuk anak -anak balita usia 9 bulan hingga anak- anak remaja usia 14 tahun. 

" Program pemberian imunisasi tersebut dikatakan, dr. Yan  merupakan program nasional yang di laksanakan secara serentak untuk wilayah di luar pulau Jawa.  Kalau di pulau Jawa sudah di laksanakan pada 2017 kemaren dan berhasil baik." Ujarnya.

Menurut Yan, pada Kecamatan Singkep nanti ini ada lebih kurang 1400 anak yang akan di berikan vaksin imunisasi Measles Rubella tersebut. 

" Imunisasi sangat penting untuk dilakukan agar anak-anak terhindar dari virus Rubella yang membuat merah kulit anak-anak seperti terkena campak. Secara medis penyakit campak dan rubella itu berbeda.dan penyakit ini tidak ada obatnya namun bisa dicegah secara dini. Pencegahan secara dini inilah yang kita lakukan dengan pemberian imunisasi," Ucap yan.

Ditambahkan Yan, bahwa pemberian imunisasi Rubella tersebut,  ini bukan hanya di Indonesia saja namun sudah dilaksanakan di 141 negara di dunia sejak tahun 1980an.

" Negara-negara itu yang mayoritas penduduknya muslim,seperti di Afganisthan, Irak dan Uni Emirat Arab.dan sudah juga di akui oleh badan kesehatan dunia WHO."  Tutur Yan.

Di Indonesia sendiri menurutnya, ada 66 juta anak yang akan diberikan imunisasi dan biayanya ditanggung oleh negara. 

" Negara untuk pemberian imunisasi Measles Rubella ini menelan anggaran negara sebesar Rp 873.9 miliar dan dananya untuk kegiatan di tahun 2018 ini". Ungkap dokter asli putra daerah ini.

Mardian
 
Top