{[["☆","★"]]}
Maskot Porprov IV Kepri 2018
TANJUNGPINANG I KEJORANEWS.COM : Gonggong dan Cogan diperkenalkan sebagai maskot dan logo Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IV Kepulauan Riau 2018. Peluncuran dilakukan di Aula Sultan Badrul Alamsyah, Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senin (15/1/2018).

Tahun 2018 ini, Kota Tanjungpinang dipercayai sebagao tuan rumah pesta olahraga tingkat Provinsi untuk para atlit yang secara rutin diselenggarakan selama 4 tahun sekali. Para atlit dari Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri akan bertanding merebut juara pada 28 Oktober 2018 mendatang.

Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, mengatakan gongong dan cogan di pilih sebagai maskot dan logo pada ajang kompetisi atlit se-Provinsi Kepri ini, tentu memiliki historis dan makna, tidak hanya untuk para altit, tetapi mampu memberi kontribusi dalam meningkatkan potensi ekonomi masyarakat di Kota Tanjungpinang, " ujarnya.

Photo Bersama

Wali Kota menuturkan, setiap kegiatan yang dilaksanakan di daerah adalah moment untuk promosi daerah. Kegiatan olahraga menjadi salah satu sektor pariwisata yang bisa kita kembangkan, terlebih Provinsi Kepri kaya akan potensi kemaritimannya, baik itu olahraga perairan, wisata bahari maupun ekonomi kelautannya.

Untuk itu, lanjut Wali Kota, jadikan pesta olahraga ini sebagai momen terbaik yang akan mendongkrak sektor ekonomi masyarakat, sehingga perkembangan ekonomi Provinsi Kepri bisa bergerak secara sistimatis, " ucapnya

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Provinsi Kepri, Raja Ariza, MM, menjelaskan gongong dan cogan memiliki makna yang luar biasa yakni sebagai simbol kekuatan bersama. Cogan merupakan alat kebesaran untuk melantik Raja-raja kala itu, selain itu, cogan dimaknai untuk membangun silaturahim dan menyatukan kerajaan besar di kawasan Johor, Singapore, dan Malaysia.

Sedangkan gongong merupakan biota laut yang ada di Kepulauan Riau, pada masa dahulu, masyarakat selalu mencari gongong untuk dijadikan lauk. Saat ini, gongong sudah semakin langka, InsyAllah kedepan, akan kita lakukan konservasi untuk melindungi dan melestarikan gongong," ujarnya

Dia berharap, Porprov bisa menjadi ajang silaturahim dan membangun sinergitas antara Kabupaten dan Kota se-Provinsi Kepri, dengan demikian, Kepri memiliki kekuatan besar sebagai kawasan ekonomi pertumbuhan.

" Mari kita jadikan Porprov sebagai ajang silaturahim kita bersama, ajang membangun semangat olahraga. Semoga Tanjungpinang bisa meraih juara umum porprov pada tahun ini," ucapnya.

Kepalq Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Djasman menerangkan peluncuran maskot bang gonggong dan logo cogan, bertujuan untuk mensosialisasi kepada segenap masyarakat Kepri, bahwa pada Oktober mendatang kita akan melaksanakan porprov ke 4 di Kota Tanjungpinang, sehingga masing-masing daerah dapat mempersiapkan kontingennya untuk mengikuti perhelatan pesta olahraga 4 tahunan ini.

Ia menjekaskan, maskot bang gonggong mempunyai arti, gongong biota laut yang sudah cukup dikenal di Tanjungpinang, gonggong juga biota laut yang banyak di jual, dan menjadi ciri khas makanan Tanjungpinang. Gonggong selalu hidup berkelompok, kulit cangkang keras, ini berarti olahraga memiliki kekuatan kerja sama tim dengan semangat yang kuat.

Logo berbentuk cogan dimaksud, cogan berwarna kuning emas berjumlah 7 buah,  simbol jumlah Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri, matahari di tengahnya merupakan sumber energi yang menyebarkan cahayanya melalui delapan jalur ke wilayah Provinsi Kepulauan Riau melalui Porprov IV tahun 2018. Lingkaran penuh berwarna warni, merah, biru laut, hijau, kuning dan jingga menggambarkan potensi olahraga di masing-masing Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Kepri dan menggambarkan geografis wilayah Kepri. Lima buah lingkaran simbol olahraga yang menjadi ikon dari setiap peristiwa olahraga yang memiliki arti keseluruhan, penyatuan, kebersamaan dan keberlanjutan, " ucapnya

Ada 28 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam ajang Porprov IV Kepulauan Riau, diantaranya silat, atletik, renang, futsal, catur, dayung, bulu rangkis, sepak bola, sepeda sport, takraw, serta lima cabang olahraga baru, yakni woodball, ski air, muangthai, menembak, dan aeromodelling.

Acara ini juga disemarakkan dengan pertunjukan silat dan maskot bang gonggong. Peluncuran maskot dan logo porprov IV Tanjungpinang ditandai dengan pemukulan gong oleh Asisten Pemerintahan Provinsi Kepri, dan kompang oleh tamu undangan se-Provinsi Kapri.

(Humas Pemko Tanjungpinang)
 
Top