{[["☆","★"]]}
Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal
Didampingi Kapolres Memeriksa Pasukan
NATUNA I KEJORANEWSCOM : Apel gelar pasukan dalam rangka operasi lilin seligi 2017, dilaksanakan Polres Natuna di halaman Mapolres. Kamis (21/12/2017).

Kapolri   Jendral Polisi Tito Karnavian dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal selaku Inspektur Apel, menyampaikan pengamanan yang dilakukan dalam operasi lilin seligi 2017 kali ini tidak hanya terfokus pada pengamanan perayaan natal dan tahun baru, namun juga pada pengamanan kamtibmas, serta arus mudik yang diperkirakan meningkat karena bertepatan dengan libur sekolah.

Dalam sambutannya, kapolri menjabarkan bahwa potensi teror masih sangat besar terjadi, selain juga perlu diantisipasi terjadinya kemacetan lalulintas serta hal lainnya yang saling berkaitan dengan perayaan natal dan tahun baru.

Periksa Pasukan
“Dan menjadi tugas kita sebagai aparat keamanan untuk memenuhinya.beberapa ancaman, tantangan dan hambatan, serta gangguan yang perlu diantisipasi adalah masih adanya serangan teror, kemacetan lalu lintas, bencana alam, ketersediaan stabilitas harga kebutuhan pokok, serta potensi konflik dalam kehidupan masyarakat, terkait perayaan natal seperti aksi sweeping oleh ormas,” kata Kapolri yang dibacakan Bupati Natuna.

Pasukan yang dilibatkan dalam  operasi lilin 2017 itu berjumlah 170.304 personil, terdiri dari pasukan gabungan unsur Polri, TNI dan dari Pemerintah daerah.

Sementara itu untuk pengamanan operasi Lilin Seligi di Kabupaten Natuna, Polres Natuna melibatkan 200 personil, terdiri atas 21 orang personil Polres Natuna, selebihnya dari TNI AD, AU, AL, SAR, Pol PP, Dinas Perhubungan dan Tim Medis dari Dinas Kesehatan Natuna.

Kapolres Natuna AKBP. Nugroho Dwi karyanto, usai Apel Gelar pasukan mengatakan , selain pengamanan yang telah ditetapkan pada 8 titik pos PAM, termasuk rumah Ibadah umat Kristiani, tim juga memfokuskan pengamanan dijalan raya, lokasi- lokasi  yang diperkirakan akan digunakan untuk perayaan tahun baru serta pelabuhan.

“Jadi intinya ada komitmen dari Pimpinan, kecelakaan dijalan raya ini harus ditekan, tidak ada lagi kecelakaan nanti yang melibatkan korban jiwa. Nantikan setiap satgas yang telah dibentuk yang tergabung dalam tim itu, dia akan melakukan kegiatan preentive maupun preventive, disamping yang sudah ditetapkan dalam pos Pam lilin seligi,” kata Kapolres.

Sementara itu untuk kegiatan perayaan tahun baru, menurut Kapolres Pihaknya masih dapat mentoleril, asal saja tidak berlebihan. Tim operasi Lilin Seligi, akan memantau kegiatan masyarakat dalam hal kamtibmas.

“ Intinya kan kita ini  pengamanan, jadi hal – hal yang bersifat ada indikasi yang mengarahkan pada kegiatan negativ akan kita tangani, dan kita juga minta peran aktiv masyarakat,” tutup Kapolres.

Apel Seligi ini turut dilaksanakan
 serentak di seluruh Indonesia dan dimulai 21 Desember 2017 ini.


Adw
 
Top