Kapal Rumah Sakit TNI AL KRI dr. Soeharso-990 Layani Kesehatan 2.886 Masyarakat Pulau Weh Sabang


Kapal Rumah Sakit TNI AL KRI dr. Soeharso-990 Layani Kesehatan 2.886 Masyarakat Pulau Weh Sabang

Dansatgas SBJ ke 66 dan Tim
Bersama Masyarakat P.Weh
Sabang
SABANG I KEJORANEWS.COM : Satuan tugas (Satgas) Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya ke-66 TNI AL mulai melaksanakan misi kemanusiaan di Pulau Weh Sabang sebagai daerah sasaran ke 4 kegiatan bakti sosial. Senin (4/12/2017).

Selama di Sabang beberapa kegiatan yang dilaksanakan  antara lain Baksos renovasi Musholla Babul R, Penyerahan bahan kontak, Pelayanan kesehatan di KRI dr.Soeharso-990 dan pelayanan kesehatan umum di Fasharkan Sabang.

Sejumlah bahan kontak dibagikan di Gereja GPIB, TK Pertiwi, dan MTs Negeri Sabang. Sedangkan Penyuluhan dan penyerahan paket pendidikan dilakukan di Aula Apker Ibnu Sina  dan penyuluhan kepada masyarakat di Aula SDN 3. Sementara Baksos di Vihara  Budha Sabang dan Tribun Playground.
Dansatgas Memberikan Bahan
 Kontak

Pelayanan kesehatan yang meliputi Pengobatan Umum dilakukan untuk 1772 Orang, Gigi 190 Orang, Poli THT 82,Poli Kulit 61, Poli Anak 24, Penyekit dalam 73,Poli Mata/Refraksi 225, Poli Bedah mayor 9, Bedah Minor 16, Katarak 9, Poli Khitan  43, Labolatorium 254, Kebidanan 47, Radiologi/Rontgen 17, Bedah Mayor 9, Beda Minor 16, Katarak 9, jumlah total masyarakat Sabang yang berhasil dilayani sebanyak 2886 Orang.Sedangkan  Sembako yang disalurkan sebanyak 1011 Paket.

Masyarakat saat Diberikan
Pelayanan oleh Satgas ke 66
 TNI AL
Dansatgas SBJ ke-66 Kolonel Laut (P) Johanes menjelaskan, bahwa perlengkapan bahan kontak yang disumbangkan adalah Paket Sekolah Jam dinding, Black board, White board, Spidol board maker, spidol permanen, Kapur Tulis, Sapu, Alat Pel Lantai, Pengki serok, Ember, dan penghapus. Sedangkan paket olahraga terdiri dari Bola Kaki, Bola Volley, Bola Takraw, Bola Basket, Raket Badminton, Net Volley, Papan catur, Meja Tenis Meja, dan paket sekolah perorangan terdiri dari, Baju Sekolah SMP, Bolpoin, Pensil, Penghapus, Crayon, Buku Tulis, Sepatu Sekolah, untuk paket lain-lain terdiri dari Dispencer, Sound System, dan Microphon. Kemudian paket Rumah Ibadah terdiri dari Karpet Sadjadah, Kipas Angin, Al Quran, Mukena, selanjutnya paket untuk nelayan terdiri dari Genset portable, Lampu Petromaks, Jaring Ikan, Alat Pancing, Topi Nelayan, Dispencer, Kalender dan Brosur profil TNI AL.
Masyarakat dan Tim Satgas

" Pelaksanaan SBJ ke-66 pada tahun ini di wilayah Sabang sekaligus merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Sail Sabang 2017 dengan sasaran kegiatan berupa perbaikan ringan  sarana prasarana umum, pelayanan kesehatan, penyerahan bahan kontak, penyuluhan kesehatan, hukum dan potensi maritim, Bela Negara serta mempererat hubungan lintas sektoral antara masyarakat, instansi pemerintah daerah  dengan TNI AL," terang Johanes.

" Operasi Bakti TNI AL Surya Bhaskara Jaya merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh TNI AL dalam mewujudkan kemanunggalan TNI AL dengan rakyat serta mewujudkan kepedulian TNI AL terhadap masyarakat di daerah pesisir/pantai dan pulau-pulau terluar dalam rangka membantu mempercepat pembangunan,  sehingga diharapkan dapat membuka peluang usaha dan memberdayakan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan Pungkas Dansatgas SBJ ke 66," tambahnya.

Sementara itu saat dihubungi di kapal Komandan KRI dr.Soeharso-990 Letkol Laut (P) Alfred D Matthew, menjelaskan selama berada di Sabang Kapal Rumah Sakit terapung milik TNI AL KRI dr.Soeharso-990 juga akan mengadakan open ship bagi masyarakat dan anak-anak sekolah yang akan berkunjung ke KRI, hal ini sebagai sarana pembelajaran, pengenalan dan edukasi untuk lebih mendekatkan diri TNI AL dengan masyarakat yang berada di pulau-pulau terluar, selain itu yang lebih menarik dalam dua hari terakhir antusias masyarakat Sabang melihat 2 unit Heli yang berada di atas geladak,  menjadi ajang selfie masyarakat Sabang yang membanjiri area Dermaga Lanal Sabang sejak pagi hari walaupun kondisi cuaca gerimis tidak menurunkan semangat masyarakat berkunjung ke KRI dr.Soeharso-990.

Sebelum kegiatan SBJ ke-66 dilaksanakan di daerah Sabang, panitia SBJ telah berkoordinasi dengan jajaran Pemda Sabang serta melaksanakan survei di lapangan agar seluruh kegiatan dapat dipertanggungjawabkan dalam bentuk laporan ke Komando.

Yang tidak kalah pentingnya penyelenggaraan Operasi Surya Bhaskara Jaya ke-66/2017 merupakan  kerjasama TNI Angkatan Laut dengan Kementerian Kordinator Maritim, Kementerian Kesehatan,BKKBN dan BPJS serta para donatur dan partisipan yang telah memberikan bantuan.

 (UT Humas SBJ ke-66 2017. Mayor Laut (KH) Drs Josdy Damopoli.)

Lebih baru Lebih lama