{[["☆","★"]]}
AL Indonesia dan AL Brunei Disambut
Warga Natun
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Dua Kapal Perang milik TNI Angkatan Laut KR. Raden Eddy Martadinata 331 dan Angkatan Laut Diraja Brunei Darussalam, Kapal Laut Diraja Brunei (KDB) Daruttaqwa 09, merapat di Pelabuhan Sabang Mawang,Kecamatan Pulau Tiga Kabupaten Natuna. Kedatangan dua Kapal Perang ini dalam rangka gelar kegiatan bersama usai latihan bilateral di perairan Natuna Bagian Utara. 

Kedua kapal perang yang hampir memiliki kesamaan warna itu yakni putih abu- abu itu merapat di Pelabuhan milik TNI AL Ranai sekitar pukul 09.00, WIB, Sabtu (25/11/2017) pagi dengan disambut langsung oleh Komandan Pangkalan TNI AL Ranai, Kolonel Laut (P) Tony Herdijanto S.E., M.Sc.

Sebelum melakukan latihan bilateral, Kedua Kapal perang itu telah mewakili negara masing- masing dalam Latihan Multilateral Angkatan Laut negara Asean  (International Fleet Review 2017  /Asean Multilateral Naval Exercise 1- AMNEX-1/2017) di Thailand. Lalu dalam perjalanan kembali dari Thailand tersebut,kedua Kapal perang tersebut melaksanakan latihan bilateral dengan sandi HELANG LAUT, yang merupakan agenda rutin dari Angkatan Laut kedua negara.

KRI Raden Eddy Martadinata (REM)-331 adalah Kapal perang Produksi PT. PAL  Indonesia , dengan type kapal Perusak Kawal Rudal  Jajaran Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) dengan Komandan Kolonel Laut (P) Agam Endrasmoro.

Warga Natuna Berikan Sekapur Sirih
untuk AL Indonesia dan Brunei Darussalam
Menurut  Komandan KRI.REM, kolonel Laut (P) Agam Endrasmoro Latihan AMNEX-1 2017 yang diikuti KRI REM, merupakan pelayaran pertama KRI tersebut keluar negeri.

"Latihan bilateral kita mulai selama dalam perjalanan dari Satahi (Thailand) menuju ke Ranai. Alhamdulillah semua latihan yang dijadwalkan dapat terlaksana dengan baik," jelas Dan KRI.

Dalam pelayarannya, KRI yang berawakan 115 Prajurit Angkatan Laut termasuk Komandan KRI. Sementara KDB Daruttaqwa berawakkan 60 orang termasuk Komandan, dibawah pimpinan Komandan KDB Leutnant Comander Rasman Bin Putih.

Kedua Kapal perang tersebut akan berada di pelabuhan Sabang Mawang Kecamatan Pulau Tiga selama dua hari. Direncanakan pada hari Senin (27/11/2017) lusa, kedua kapal akan bertolak kembali ke negara masing- masing.

Sementara itu kedatangan kapal perang itu juga disambut dengan tarian persembahan adat melayu yang merupakan tarian dalam menyambut tamu penting. Tarian persembahan dibawakan oleh sanggar pelajar yang menjadi binaan Posal Sabang Mawang. Kedua komandan kapal perang disuguhkan sekapur sirih sebagai tanda penghormatan kepada tamu.

Sementara itu usai bersandar dipelabuhan, para komandan dan perwira kedua kapal perang dengan didampingi Danlanal Ranai,melakukan Kunjungan Kehormatan dan Silaturahmi kepada Pemerintah Daerah Natuna, dalam hal ini diwakili oleh Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti.

Komandan Lanal Ranai, Kolonel Laut (P) Tony Herdijanto S.E., M.Sc. mengungkapkan, bahwa kedatangan KRI RE. Martadinata dan KDB.Daruttaqwa, merupakan sebuah kehormatan bagi pihaknya. 

"Kami dari Lanal Ranai sebagai unsur pendukung dari latihan bilateral ini cukup berbangga hati,karena telah disinggahi oleh kedua kapal perang ini. Dan tentunya kami akan beri yang terbaik selama kedua kapal berada di Natuna," ungkap Danlanal.

Selama di Natuna para awak kapal akan mengikuti kegiatan yang telah diagendakan sejak hari pertama, yakni Fun Game Helang Laut Cup, yang juga akan diikuti oleh warga Desa Sabang Mawang.

Adw
 
Top