{[["☆","★"]]}
Bupati Hamid Rizal sebagai Irup
Membacakan Amanat dari Menteri Sosial
NATUNA I KEJORANEWS.COM:  Kabupaten (Pemkab) Natuna melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), menggelar upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke 72 tahun.

Kegiatan ini berlangsung di halaman kantor Bupati Natuna, Bukit Arai pada Selasa (28/11/2017) pagi.
 Meski diguyur hujan ringan, namun kegiatan ini berjalan dengan baik dan sesuai rencana.

Bupati Natuna H. Abdul Hamid Rizal, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada para guru dan seluruh sumber daya insani yang memiliki andil langsung atau tidak langsung dalam pembangunan di bidang pendidikan dan kebudayaan. 

"Apresiasi itu sangat wajar, karena para guru mengabdikan diri sesuai dengan tugas dan tanggung jawab profesionalnya," ungkap Hamid Rizal, yang juga turut berhujan-hujanan bersama para peserta upacara lainnya.

Hamid mengatakan, profesionalitas, komitmen, pengabdian dan talenta para guru di bidang pendidikan, pembelajaran, dan pembudayaan tanpa mengenal batas ruang dan waktu demi masa depan anak bangsa untuk mencapai puncak peradaban pribadi, sosial dan kedewasaan berbangsa dan bernegara. Mereka menjadi sumber daya utama dan memerankan fungsi yang sangat strategis dalam melakukan transformasi proses pendidikan dan pembelajaran, termasuk pembudayaan, yang akan membawa peserta didik mencapai puncak peradaban itu. 

Dikatakan Hamid, pendidikan karakter yang diterapkan guru kepada anak didik selayaknya diaplikasikan terlebih dahulu pada dirinya. Pada diri para pendidik. Dengan demikian, guru dapat menjadi cermin kepribadian yang berkarakter. Anak didik tidak perlu lagi mencari figure, namun setiap hari mereka berhadapan dengan figure guru yang berdedikasi pada profesinya.

"Karena itu, perkenankan saya atas nama pribadi dan Pemerintah, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas komitmen keprofesian, prestasi, dedikasi, tanggung jawab, dan segala ikhtiar yang telah dilakukan oleh para guru dan tenaga kependidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Profesi guru akan selalu ada dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi," ungkap Bupati, sesuai amanat Mendikbud RI, Muhadjir Effendy.

Kegiatan ini juga diselaraskan dengan Hari Guru Nasional (HGN) ke 23 tahun.

Masih kata Hamid, Guru memegang kunci utama untuk memperluas keterjangkauan, meningkatkan kualitas/mutu dan relevansi, mewujudkan kesetaraan, dan menjamin kepastian warga negara memperoleh layanan pendidikan. Optimalisasi peran dan fungsi guru dalam proses pendidikan dan pembelajaran harus dibarengi dengan peningkatan kinerja sistem persekolahan dan kepengawasannya secara keseluruhan. Karenanya, peningkatan kemampuan dan kepemimpinan kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam melakukan pengelolaan sekolah yang efektif dan efisien menjadi bagian integral dari peningkatan mutu pendidikan.

"Marilah kita jadikan HGN ini sebagai semangat untuk terus membangun peradaban bangsa Indonesia sehingga menjadi bangsa yang berbudaya, cerdas, bermutu dan berkarakter, dan mampu bersaing dalam kancah pergaulan internasional. Sekali lagi, saya ucapkan selamat  HGN Tahun 2017, di pundak para guru, masa depan pendidikan, pembelajaran, dan pembudayaan peserta didik akan terus tumbuh dan berkembang," tutup Bupati.

Upacara ini turut dihadiri oleh Wabup Natuna, Hj. Ngesti Yuni Suprapti, para Asisten, Pimpinan OPD, FKPD, para guru baik dari PNS maupun GTT serta tamu undangan.

Dua Petugas Upacara

Bupati Hamid Rizal Lepas Balon usai Upacara HUT PGRI

Usai Upacara Digelar Dialog dengan Para Guru

Usai Upacara Para Guru Photo Bersama dengan Bupati dan Wabup


Adw
 
Top