{[["☆","★"]]}
Sesiditjen Perikanan, Sekda
 Bintan dan Kepala Budidaya
 Laut Batam Memanen Ikan
BINTAN I KEJORANEWS.COM : Sesiditjen Perikanan Budidaya KKP, DR. Ir. Tri Haryanto, MM didampingi Sekda Bintan Drs. Adi Prihantara, MM dan Ka. Budidaya Laut Batam Drh. Toha Tusihadi melakukan panen perdana ikan bawal bintang hasil kegiatan bantuan sarana budidaya laut APBN tahun 2017 di kelompok budidaya Maju Jaya, Kegiatan ini disejalankan dengan penyerahan bantuan sarana Budidaya Laut APBN-P Tahun 2017 serta Restocking ikan nemo dan ikan kakap putih, kegiatan dilaksanakan di Desa Penaga Kec. Teluk Bintan, Rabu (22/17/2017).

Ka. Kantor Budidaya Laut Batam - Drh. Toha Tusihadi dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan panen perdana igu merupakan program kegiatan tahun 2017 yang telah dijalankan oleh 29 kelompok budidaya ikan yang tersebar di Kepulauan Riau, sesuai target kementrian KKP,  pada tahun 2017 Kepulauan Riau diberikan bantuan Keramba Jala Ampung  (KJA) sebanyak 300 Lobang keramba.  Semua dibagi ke beberapa wilayah yaitu 100 lobang KJA ada di Kota Batam, 80 KJA di Natuna dan 120 lobang KJA di Kabupaten Bintan.

" Untuk capaian pemberian benih ikan yang langsung diterima oleh masyarakat pada tahun 2017 ditargetkan sebanyak 250.000 bibit ikan, namun kebutuhan masyarakat melebihi dari target yang telah ditentukan menjadi 403.000 bibit ikan diantaranya, 178.000 benih kakap, 185.000 benih bawal bintang dan, 40.000 benih kerapu dengan pencapaian kenaikan mencapai 187% dari total target pencapaian 100%," ungkapnya

Untuk memaksimalkan target pencapaian tersebut selain memberikan bantuan sarana budidaya laut dan pemberian bantuan benih ikan, KKP juga memberikan pendampingan terhadap para pelaku budidaya ikan agar hasil yang akan dicapai sesuai dengam target yang ditentukan.

Sesditjen Budidaya KKP - DR. Ir. Tri Haryanto, MM saat memberikan sambutan mengatakan bahwa Direktorat Jendral pusat ingin melakukan refitalisasi bantuan Keramba Jala Apung (KJA) yang telah dilakukan sejak lama, agar bantuan yang berasal dari Dirjen KKP dapat didata.

" Nantinya dapat kita redata ulang agar kita dapat mengetahui bantuan mana saja yang berasal selain dari Dirjen kelautan dan Perikanan, karena banyak KJA selain pemberian bantuan dari Dirjen KKP yang tidak difungsikan dengan semestinya, maka dengan dilakukannya refitalisasi, KJA-KJA yang tidak berfungsi dan yang masih layak digunakan akan kita fungsikan kembali dan diberikan bibit-bibit ikan," imbuhnya

Sesuai dengan instruksi presiden Republik Indonesia, bahwa laut merupakan masa depan bangsa, maka Kementrian Kelautan Perikanan (KKP) akan terus konses terhadap daerah-daerah pesisir yang memiliki potensi baik dalam memberikan suguhan budidaya laut, seperti kabupaten Bintan dan daerah lainnya.

" Kita akan terus mendorong kegiatan yang sifatnya dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat,"terangnya

Sekda Bintan Drs. Adi Prihantara saat ditemui di sela-sela acara sangat mendukung kegiatan yang dilakukan kementrian Kelautan Perikanan (KKP) dalam meningkatkan perekonomian masyarakat seperti memberikan bantuan sarana budidaya laut dan bibit ikan. Menurutnya dua program yang telah berjalan sejak lama ini sangat membantu para pelaku budidaya ikan di daerah, karena bukan hanya diberikan bantuan alat dan bibit ikan saja, KKP melalui balai perikanan budidaya laut Batam juga memberikan pendampingan kepada para pelaku budidaya perikanan.

" Jika sudah demikian berapapun target yang ingin dicapai KKP pada tahun 2017,  jika dilakukan dengan baik maka pencapaian target 24,4 juta ton pada tahun 2017 akan dapat dicapai dengan mudah," tutupnya

MDC
 
Top