Bupati Serahkan Lakon Wayang Yudistira di Pagelaran Wayang Kerukunan Keluarga Jawa


Bupati Serahkan Lakon Wayang Yudistira di Pagelaran Wayang Kerukunan Keluarga Jawa

Bupati H. Apri Sujadi, S.Sos Serahkan
 Tokoh Yudistira kepada Dalang yang Di
dampingi Tokoh Jawa Bintan
BINTAN I KEJORANEWS.COM : Yudistira adalah salah satu tokoh dalam wiracarita Mahabharata. Ia merupakan seorang raja yang memerintah kerajaan Kuru, dengan pusat pemerintahan di Hastinapura. Dalam kitab Mahabharata, ia juga disebut dengan nama Bharata (Keturunan Maharaja Bharata). Yudistira juga dikenal dengan sebutan Dharmaraja, yang bermakna " Raja Dharma ", karena ia selalu berusaha menegakkan Dharma di  sepanjang hidupnya.

Lakon Wayang Yudistira inilah, yang diserah terimakan oleh Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos kepada Dalang Sutarso Al Darko asal Banyumas dengan judul cerita Pendowo Mbangun Candi Sapto Argo ( Pemimpin membangun daerahnya ) sebagai pertanda dimulainya Pagelaran Wayang Semalam Suntuk yang diadakan oleh Kerukunan Keluarga Jawa Puji Rahayu di Taman Kota Kijang Kecamatan Bintan Timur, Sabtu malam (18/11/2017).

Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa Wayang Kulit merupakan suatu budaya yang sudah dikenal oleh Dunia Internasional. Wayang Kulit juga merupakan sebuah identitas dan juga sebuah jati diri bagi Negara dan Bangsa. Dirinya juga menuturkan bahwa melalui pertunjukan Seni dan Budaya, kita dapat lebih memahami tentang diri kita. 

" Wayang Kulit merupakan sebuah  Identitas Seni dan Budaya Indonesia yang sudah mendunia. Pagelaran Wayang Kulit juga mengajarkan dan mengenalkan kepada generasi muda, tentang identitas dan jati diri sebuah Bangsa yang berbudaya, " ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Kerukunan Keluarga Jawa Puji Rahayu dr.Gama Isnaini menyatakan bahwa pagelaran Wayang Kulit bertujuan meningkatkan silaturahmi sekaligus melestarikan seni budaya Indonesia khususnya Budaya Jawa.

" Kegiatan ini, untuk meningkatkan tali silaturahmi sekaligus melestarikan Seni dan Budaya Jawa. Selain pagelaran Wayang Semalam Suntuk, Kerukunan Keluarga Jawa Puji Rahayu juga akan mengadakan Bakti Sosial di masyarakat, " tutupnya. 

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bintan Trijono, Jajaran Kepala OPD Kabupaten Bintan, Camat Bintan Timur, Lurah, dan Tokoh Masyarakat sekitar.

MDC
Lebih baru Lebih lama