{[["☆","★"]]}
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Menindaklanjuti program ketahanan pangan oleh Pemerintah, Pangkalan TNI AL (Lanal) Ranai turut mengembangkan pola penanaman secara praktis dengan menanam sayuran menggunakan media Hydroponic. Dipilihnya media Hydroponic karena pengelolaan tanamannya dapat disusun bertingkat dengan menggunakan tabung-tabung paralon sehingga lahan tanam di Mako Lanal Ranai yang terbatas dapat digunakan untuk menanam berbagai macam tanaman sayuran hijau.

Selain itu tanaman sayur hasil hidroponik memiliki keunggulan lebih sehat/organik karena bebas penggunaan pestisida juga potensi ekonomis.

Komandan Lanal Ranai (Danlanal Ranai) Kolonel Laut (P) Tony Herdijanto, S.E., M. Sc., bersama perwira staf melakukan panen perdana setelah 30 hari menanam sawi China(minyak) dan selada dengan media Hydroponic di Mako Lanal Ranai. Selasa (24/10/2017).

Tanaman menggunakan media Hydroponic ini dibuat untuk memberikan contoh kepada warga di sekitar Mako Lanal Ranai sekaligus untuk memenuhi kebutuhan sayuran bagi keluarga besar Lanal Ranai.

“Tanaman sayuran ini kita lakukan untuk kebutuhan sayuran bagi keluarga besar lanal,  terutama pada musim kelangkaan sayur di musim utara, setidaknya tidak mengeluarkan biaya untuk sayuran karena kita dapat memanen dari pola penanaman ini. Praktis dan cepat panen serta tidak memerlukan lahan tanah yang luas”  kata Danlanal Ranai.

Setelah melakukan pemanenan perdana ini. Danlanal Ranai persilahkan anggota Lanal Ranai memetik tanaman sayuran sesuai kebutuhan. Diharapkan dari kegiatan ini akan tercipta rasa kekeluargaan dan kebersamaan diantara personel Lanal Ranai.

(Pen Lanal Ranai/adw)
 
Top