{[["☆","★"]]}
Kompolnas saat di Polres Natuna
NATUNA I KEJORANEWS.COM :  Natuna kali ini menjadi salah satu perhatian  wilayah NKRI  yang dirasa harus dilakukan peningkatan peran Polri dalam mendukung pembangunan, diantaranya peningkatan kapasitas dan profesionalisme penegakan hukum bagi mewujudkan tatanan sosial yang lebih kondusif. Hal tersebut diimplementasikan melalui program kerja Tim Kompolnas melalui kunjungan kerja dengan agenda Tatap Muka dengan Jajaran Pemerintah Daerah Kabupten Natuna, Ketua DPRD Kabupten Natuna yang dihadiri pula oleh  Forkominda, Tokoh Masyarkat, Pemuka Agama dan Tokoh Adat yang diselenggarakan di Gedung Sri Serindit, Ranai, Rabu (13/9/2017) pagi.


Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Natuna, Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti, MA menyampaikan bahwa Kabupten Natuna saat ini sedang mengupayakan percepatan pembangunan melalui program Pemerintah pusat yang ditujukan untuk memacu berbagai potensi yang ada menjadi bernilai tambah bagi daerah. Menurutnya berbagai kemajuan yang berhasil dicapai memiliki pengaruh positif dan negatif.

Sebagai wilayah perbatasan, sampai saat ini pencurian ikan yang dilakukan nelayan asing masih sering terjadi dikarenakan pengamanan perbatasan perairan dirasa belum memadai. Ketergantungan terhadap berbagai wilayah untuk memenuhi kebutuhan daerah menyebabkan pula begitu besar peluang peredaran narkoba dan berbagai produk yang dapat menimbulkan pengaruh negatif ditengah masyarkat.

Pemenuhan kebutuhan akan komunikasi juga tidak jarang menimbulkan pengaruh negatif karena tidak jarang kemudahan tersebut dimanfaatkan tidak secara benar, terlebih lagi bagi para generasi yang menyebabkan kelalaian akan tanggungjawabnya sebagai pelajar.

Beliau juga menambahkan kebergaman komposisi sosial, ketentraman ketertiban masyarkat dengan segala kebergaman masih tergolong kondusif, karena masing-masing mampu bersikap secara toleransi. Namun hal ini pula bukan tidak mungkin dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak yang tidak bertanggungjawab untuk memecah belah dan perpecahan.
Oleh karenanya melalui kunjungan kali ini, dirasa tepat terutama bagi membangun koordinasi, melalui informasi yang nantinya akan dipaparkan diharap dapat menjadi bahan evaluasi bagi menentukan rekomendasi kebijakan Kompolnas kedepan.

Pada kesempatan yang sama Ketua Tim Kompolnas, Poenggky Indarti menyampaikan bahwa tujuan kedatangan Tim Kompolnas ke Kabupten Natuna adalah untuk mengumpulkan data dan monitoring terhadap berbagai permasalahan pengamanan dan upaya menghadirkan kepastian hukum di tengah masyarakat.

Selanjutnya berbagai data yang dikumpul hasil pertemuan ini dilaporkan sebagai bahan pertimbangan Presiden Republik Indonesia untuk menyikapi berbagai permasalahan, diantaranya bagi meningkatkan peran Kepolisian Republik Indonesia dalam meningkatkan pelayanan secara lebih profesional dimasa hadapan.

Kapolres Natuna, AKBP Charles Panuju Sinaga, S.I.K., MH menyampaikan pemapaparan pelaksanaan tugas yang selama ini memiliki berbagai hambatan dalam mewujudkan pelayanan penegakan hukum dan perlindungan kepada masyarakat. Adapun hambatan yang masih dimasa diantaranya adalah kekurangan personil dan sarana serta fasilitas pendukung pelaksanaan tugas. Hal ini perlu menjadi perhatian bagi pertimbangan kebijakan mengingat dengan fasilitas dan sarana yang ada saat ini, Polres Natuna tidak akan mampu mengoptimalkan tugas pelayanan dan pengamanan secara maksimal.

Menurutnya berbagai dilema yang terjadi ditengah masyarakat, diantaranya peluang peredaran narkoba yang cukup tinggi serta berbagai pengaruh negatifnya, terutama bagi para pelajar saat ini sangat memprihatikan. Namun Polres Natuna telahpun mengambil berbagai langkah dan pendekatan persuasif melalui koordinasi dengan aparatur setempat maupun stakeholder yang terkait. Semoga melalui koordinasi yang baik berbagai permasalahan ditengah masyarakat dapat lebih baik penanganan dan penegakan hukum nya.

Adw
 
Top