{[["☆","★"]]}
BATAM I KEJORANEWS.COM : Menindaklanjuti sorotan Komite Peduli Lingkungan Hidup Indonesia (KPLHI) terkait limbah B3 Kategori 2 yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Punggur sebagaimana pemberitaan di kejoranews.com, Komisi III DPRD Kota Batam dengan KPLHI menggelar Rapat dengar pendapat di ruang komisi III pada Rabu (19/07-17).

Pada rapat ini, Ketua KPLHI Evi Yuliana Abdul Muti, SE menyampaikan,  limbah Spent Bleaching Earth (SBE) yanng dibuang di Tempat pembuangan Akhir (TPA) adalah benar-benar limbah B3 golongan 2.

"Limbah SBE harus dikelola oleh pemerintah dan tidak boleh dibuang di TPA. Limbah B3 yang harus dikelola sesuai PP101 tahun 2014 tentang pengelolaan limbah berbahaya golongan 2. Namun menurut Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam menyampaikan, bahwa SBE bukan termasuk limbah B3.

"Kami berharap Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam lebih tegas kepada perusahaan industri yang menghasilkan limbah agar tidak membuang sembarangan," ungkapnya.

Dari hasil Rapat dengar pendapat, pimpinan rapat Bustami, SE menyampaikan bahwa selama ini belum ada surat yang masuk soal SBE ke komisi III, namun menurutnya masalah limbah wajib dikelola sesuai peraturan yang ada.

" Peran pemerintah melakukan pengawasan, limbah B3 di TPA itu harus dilakukan," jelasnya

H.MHD.Jeffry K,Simanjuntak, SE, MM anggota DPRD komisi III dalam kesempatan ini, juga meminta agar Lembaga KPLHI membuat surat resmi soal pembuangan limbah.

"Buatlah surat lengkap ke kami,  dari PT mana limbah itu? dan limbahnya dibuang dimana? Nanti kita langsung sidak kelapangan jangan sampai begitu kita kelapangan hasilnya tidak sesuai dengan laporan yang ada," ujar Jeffry.

Kita akan mengadakan Rapat lagi di bulan depan untuk membahas mengenai Limbah B3 dan mengundang Dinas lingkungan hidup, perusahan industri serta pihak-pihak terkait,

"Warisan untuk anak cucu kita nanti adalah Lingkungan hidup yang sehat dan bersih," tambah jeffry.

liza
 
Top