{[["☆","★"]]}
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Sebanyak 69 orang jemaah calon haji asal kabupaten Natuna ,untuk musim haji 2017, Senin malam (24/7/2017),  secara resmi mulai mengikuti kegiatan manasik haji yang diselenggarakan Panitia Haji Daerah Natuna.

Kegiatan di asrama Haji Natuna, komplek Natuna Gerbang Utara ini, dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Natuna,Ngesti Yuni Suprapti.

Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni, dalam sambutannya mengatakan, dalam perjalanan menunaikan ibadah haji, telah ditetapkan berbagai rukun sunnah dan tata cara yang harus dipenuhi serta dipatuhi.

“Melalui manasik haji ini, kita akan dituntut untuk mengetahui tata cara, urutan, serta doa dan berbagai hal penting lainnya yang patut dipatuhi,” ujar Ngesti.

Diharapkan para Calon jamaah haji kabupaten Natuna, dapat mengikuti berbagai petunjuk dan informasi yang diberikan, agar pelaksanaan Ibadah Haji nantinya berjalan  dan khusuk.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Kesra, Syarifuddin S.Ag MA, mengatakan, ibadah haji merupakan rukun islam kelima yang wajib dilaksanakan oleh setiap orang islam yang sudah memenuhi syarat, baik fisik maupun mental yang dilaksanakan sekali seumur hidup.

Dalam penyelenggaraan haji, lanjut Syarifuddin, pemerintah berkewajiban memberikan pelayanan dan perlindungan dengan menyediakan layanan administrasi, bimbingan ibadah haji, akomodisi, transportasi, pelayanan kesehatan, keamanan dan hal-hal yang lain yang diperlukan jamaah haji.

Syarifuddin, juga menyampaikan, sehubungan dengan dikembalikannya kuota jamaah haji oleh pemerintah Arab Saudi sebesar 20%, berimbas pula dengan jumlah jamaah haji Kabupaten Natuna yang pada tahun 2016 hanya berjumlah 45 orang, dan kemudian untuk tahun 2017 bertambah menjadi 69 orang.

Adapun tujuan diadakannya kegiatan manasik haji, yaitu memberikan pengetahuan agar jamaah mampu memahami semua informasi tentang pelaksanaan ibadah haji, tuntunan perjalanan, petunjuk kesehatan, sehingga mampu melaksanakan ibadah haji di tanah suci dengan baik dan benar.

Menjadikan jamaah haji yang mandiri baik secara pribadi, maupun dalam regu ketika berada di Indonesia maupun di Arab Saudi, serta jamaah haji siap menunaikan ibadah haji baik secara fisik, mental sehingga perjalanan ibadah haji dapat terlaksana dengan sempurna.

“Melalui kegiatan manasik ini, semoga segala upaya yang kita lakukan mendapat ridho dari Allah SWT dan seluruh jamaah mendapat predikat sebagai haji yang mabrur,” tutur Syarifuddin.

Hadir pada pembukwwn manasik Haji,  Ketua DPRD Natuna, Yusripandi, Kejari Natuna, Efrianto SH MH, Kepala Kementerian Agama Natuna, Sudarmadi S.Ag, sejumlah OPD, FKPD, Tokoh Agama, Tokoh masyrakat dan para Calon Haji 1438 H/2017 M.

Adw
 
Top