{[["☆","★"]]}
TEHERAN I KEJORANEWS.COM : Amerika Serikat dan Rusia telah mencapai kesepakatan mengenai gencatan senjata di Suriah barat daya, kata Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada hari Jumat (7/7/17).

Dia mengatakan Presiden Vladimir Putin dan Presiden AS Donald Trump menyetujui kesepakatan gencatan senjata selama perundingan yang diadakan dalam "atmosfir konstruktif" di sela-sela KTT G20 di Hamburg, Jerman. Lavrov mengatakan gencatan senjata akan mulai berlaku pada 9 Juli.

Sebelumnya, tiga pejabat AS, yang meminta tidak disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk membahas gencatan senjata secara terbuka, mengatakan bahwa gencatan senjata tersebut mulai berlaku pada hari Minggu di siang hari waktu Damaskus. Mereka tidak menjelaskan kesepakatan dan bagaimana hal itu akan dilaksanakan.

Trio tersebut mengatakan Moskow dan Washington telah mendiskusikan kesepakatan potensial untuk beberapa waktu, namun hanya mencapai hasil menjelang pertemuan pertama Trump dengan Putin.

Kantor berita Yordania, Petra melaporkan bahwa Yordania juga merupakan bagian dari gencatan senjata.

Kesepakatan tersebut terpisah dari "zona de-eskalasi" yang akan dibuat berdasarkan kesepakatan yang dimediasi oleh Rusia, Iran dan Turki pada putaran keempat perundingan damai di Astana pada bulan Mei lalu.

Editor : Boris HR
Sumber : presstv.com
 
Top