{[["☆","★"]]}
LONDON I KEJORANEWS.COM : Operator gas Rusia Novatek mengatakan bahwa pihaknya memiliki rencana ambisius untuk menggulingkan Qatar sebagai pengekspor gas alam cair (LNG) terbesar di dunia. Minggu (25/6/17).


"Kami memiliki ambisi besar untuk menjadi sama besar seperti Qatar sebagai satu negara, tapi sebagai satu perusahaan," kata Chief Financial Officer Novetek Mark Gyetvay.

Gyetvay mengatakan bahwa perusahaannya secara khusus menghitung proyek LNG skala besar yang disebut Arctic LNG 2, menambahkan bahwa Arctic LNG 2 akan mengubah Novatek menjadi produsen global teratas dalam satu dekade.


Gyetvay, yang berbicara di London di sela forum energi, menambahkan bahwa Novatek akan mulai mengekspor LNG dari tahap pertama proyek Yamal yang sedang berlangsung menjelang akhir tahun ini.

Dia menambahkan bahwa Novatek mungkin akan maju ke tahap akhir pengembangan Yamal - yang terletak jauh di atas lingkaran Arktik - enam bulan, Reuters melaporkan.

Qatar dan Rusia telah lama menjadi rival di pasar gas global. Pasokan Qatar mendapat sorotan pada bulan lalu setelah Arab Saudi memutuskan hubungan ekonomi dan diplomatik, dalam sebuah langkah yang memicu konflik kekerasan dan diplomatik yang lebih luas di Timur Tengah, Reuters menambahkan.

Qatar sejauh ini adalah eksportir terbesar, menjual 77,2 juta ton gas cair dan hanya menguasai kurang dari 30 persen pangsa pasar pada 2016.

Rusia tahun itu berada di urutan ketujuh dengan ekspor 10,8 juta ton dan pangsa pasar 4 persen. Proyek Yamal, setelah semua tahap selesai, akan mengekspor 16,5 juta ton tambahan, yang akan menempatkan Rusia, yang merupakan eksportir minyak mentah terbesar di dunia, di tempat ketiga tepat di bawah Australia, Reuters menambahkan.

Editor : Boris HR
Sumber : presstv.com dan reuters
 
Top