{[["☆","★"]]}
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Bupati Natuna menghadiri kegiatan Pembukaan Pembekalan Kepemimpinan Pemerintah Dalam Negeri bagi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, bertempat di Balai Diklat BPSDM, Jakarta, Senin (22/05/2017).

Kegiatan tersebut, dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri beserta para Pejabat Eselon I Kementerian Dalam Negeri, Menteri Desa dan Daerah Tertinggal, Kepala BPSDM beserta segenap jajaran.

Dalam sambutanya, Menteri Desa dan Daerah Tertinggal, Eko Putro Sandjojo berharap kepada seluruh kepala daerah agar dapat mendukung terwujudnya percepatan pembangunan yang lebih merata, dimulai dari pembangunan desa melalui pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan.

Dirinya mengatakan, bahwa upaya percepatan pembangunan desa dapat ditempuh melalui upaya peningkatan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan yang mana saat ini 82,77 persen penduduk desa hidup dari sektor pertanian.

Hal ini dilatar belakangi oleh upaya peningkatan ekonomi masyarakat desa, mendorong partisipasi masyarakat luas untuk terlibat secara langsung dalam berbagai aktifitas ekonomi pedesaan serta memberi ruang para pelaku ekonomi pemerintah, pengusaha dan masyarakat.

Menurutnya langkah tepat untuk meningkatkan produktivitas pertanian adalah pembangunan embung, dengan anggaran tidak terlalu besar namun dapat memberikan dampak positif sektor pertanian, budidaya, wisata maupun konservasi ditingkat pedesaan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Eko Putro menambahkan bahwa jika peran embung dapat dikelola secara baik, dan hasil aktivitas produk unggulan perdesaan, tentunya akan dapat memberikan peluang peran badan usaha milik desa bagi mendukung pendapatan desa itu sendiri.

Adw
 
Top