ABK dan Nahkoda KLM Surya Mentari II Ditemukan Nelayan di Pulau Sayak dalam Kondisi Hidup


ABK dan Nahkoda KLM Surya Mentari II Ditemukan Nelayan di Pulau Sayak dalam Kondisi Hidup

TANJUNGPINANG I KEJORANEWS.COM : Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno,S.E,M.M, telah menerima laporan dari Danlanal Dabo Singkep Letkol Laut Agus Yudho Kristianto tentang informasi berhasil ditemukannya nahkoda KLM Surya Mentari II yang mengalami musibah tenggelam disekitar Pulau Sayak dalam keadaan hidup. Selasa (30/5/17).

Informasi penemuan nahkoda KLM.Surya Mentari II atas nama Manganro oleh nelayan masyarakat P.Lalang pada Selasa 30 Mei 2017 pukul 16.00 Wib dalam keadaan hidup, sebelumnya 6 orang ABK rekan korban juga telah ditemukan masing-masing 1).Tjahyo (KKM), 2). Aria (Kelasi), 3). Suhendi Priyatno (Kelasi), 4). Bagus Tri Saputra (Kelasi), 5).Wahid Mutako (Kelasi),6). Darwis (Kelasi) dalam keadaan hidup, Saat ini ke 6 orang korban berada di Pospolair Sungsang Sumsel.

Komandan Lanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto pada pukul 21.00 Wib telah berkoordinasi via handphon dengan kepala Desa P.Lalang dan didapat informasi  bahwa memang benar pada hari Selasa 30 Mei pukul 16.00 Wib nelayan Pulau Lalang Arzakani,M.Amin, Rizki dan Iyan ketika selesai mengangkat bubu, mereka merapat ke pinggir dekat Pulau Sayak mereka menjumpai seseorang yang bernama “Mangandro, umur 56 tahun suku Bugis, dengan alamat Surabaya. Ia merupakan nahkoda KLM Surya Mentari II yang tenggelam beberapa hari yang lalu.

Menurut penuturan keempat nelayan yang berhasil menemukan korban mereka membawa korban ke Pulau Lalang pada pukul 20.00 Wib, sampai saat ini keberadaan korban diamankan dirumah salah seorang pengusaha kapal ikan di pulau Lalang guna pemulihan kondisi fisiknya.

Berdasarkan koordinasi antara Danlanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto dengan kepala desa P. Lalang, pengantaran nahkoda tadimalam tidak bisa dilaksanakan dikarenakan kondisi cuaca dan air laut kondisi surut, sehingga Danlanal Dabo Singkep putuskan penjemputan besok pagi Rabu 31/5 dengan menggunakan Patkamla Kuala Gaung milik Lanal Dabo Singkep dari P.Lalang untuk selanjutnya dibawa ke Posko SAR TNI AL Dabo Singkep.

Kecelakaan laut yang menimpa Kapal nahas KLM Surya Mentari II bertonage 111 GT  merupakan jenis Kapal Layar Motor (KLM) cargo, berbendera Indonesia dengan nahkoda  Mangandro, membawa muatan 25.000 kotak minuman ringan (minuman kaleng)., serta ABK 8 orang, sampai saat ini total  7 orang ABK dan nahkoda sudah berhasil diselamatkan dalam keadaan hidup sedangkan 1 orang belum ditemukan masih dalam pencarian Tim SAR Gabungan bersama masyarakat setempat.

(Dispen Lantamal IV)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama