Panglima TNI Tinjau Base PT. Sacova di Natuna


Panglima TNI Tinjau Base PT. Sacova di Natuna

NATUNA I KEJORANEWS.COM : Keberadaan Base Camp Cable PT. Sacofa di Penarek, Desa Cemaga selatan, Kabupaten Natuna, mendapat perhatian khusus dari pemerintah Indonesia, pasalnya perusahaan milik Negara Malaysia itu hinggal kini masih belum mengurus perpanjangan izin operasional di Indonesia. Karena itu, pemerintah Indonesia, telah menyegel sejumlah base camp cable Sacofa , dan menempatkan personil TNI guna menjaga aset milik perusahaan Komunikasi Malaysia tersebut.

Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jendral TNI Gatot Nurmantyo, Kamis (6/4/17) siang melakukan kunjungan kerja ke base  camp cable Perusahaan Komunikasi milik negara Malaysia, Sacofa, yang berada di Penarek Desa Pian Padang, Cemaga Selatan, Kecamatan Bunguran Selatan.

Dalam kunjungan yang terbilang singkat tersebut, Panglima sempat mengecek frekwensi dari peralatan operasional Sacofa di Penarek. Dari hasil pengecekan dengan menggunakan peralatan uji milik Lembaga Sandi Negara, diketahui bila sudah tidak ada sinyal lagi di Base Camp Cable Penarek.



Dengan didampingi oleh Kepala Staf TNI AD (Kasad)  Jendral TNI Mulyono dan  As Ops. Panglima, Mayjend. TNI.  L. Pusung, serta sejumlah pejabat TNI lainnya, Panglima Gatot Nurmantyo yang datang ke Penarek dengan menggunakan Hely TNI AD Bell-412/ HA-5174 , dari Lanud Raden Sadjad, Disambut oleh Gubenur Kepri Nurdin Basirul , Danlantamal IV Tanjung Pinang, Danrem 33/WP, Bupagi Natuna serta Forum Koordinasi Perangkat Daerah (FKPD) Natuna.

Jendral Gatot Nurmantyo sempat memimpin apel para personil TNI AL dan AD yang bertugas menjaga Base Camp Cable tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Jendral bintang 4 itu,  sempat berpesan kepada para prajurit agar tetap siaga dan selalu waspada, terhadap kemungkinan adanya pihak tertentu yang datang ke Base Camp Cable Sacofa itu.

"Selamat bertugas. Jangan sesekali membuka segel yang telah dipasang, tanpa seizin Panglima TNI. Walaupun itu Kasad, Kasau, Kasal atau yang lainnya," pesan Panglima.

Usai meninjau Base Camp Cable Sacofa, Panglima beserta rombongan langsung take off menuju Lanud Raden Sadjad, dengan menggunakan 2 unit Hely Bell.  Dan langsung kembali ke Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta, dengan menggunakan Pesawat TNI AU A-7305 .

PT. Sacofa adalah Perusahaan  milik pemerintah negara Malaysia yang bergerak dibidang telekomunikasi, membidangi komunikasi antara Malaysia Barat dan Malaysia Timur, dengan menggunakan kabel fiber optik bawah laut, melalui wilayah Indonesia terutama wilayah yang berbatasan dengan  negara Malaysia Barat.
Ada beberapa Base Camp cable yang dibangun Perusahaan tersebut di Indonesia, diantaranya berada di Kabupaten Natuna dan Anambas, namun kini base camp cable tersebut telah ditutup dan  disegel oleh pemerintah Indonesia karena tidak mengurus perpanjangan izin operasional.

Adw

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama