{[["☆","★"]]}
NATUNA I KEJORANEWS.COM : sekretaris Badan Keamanan Laut (Bakamla RI) Laksda TNI Agus Setiadji, S.AP,dan Wakil Bupati Natuna Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Peningkatan Keamanan dan Keselamatan Laut wilayah perairan Kabupaten Natuna, di Kantor Bupati, Jalan Batu Sisir Bukit Arai, Selasa kemarin (1/3/17).

Perjanjian kerjasama yang merupakan perpanjangan dari perjanjian yang telah ditandatangani terdahulu saat Bakamla masih bernama Bakorkamla ini diadakan dengan tujuan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pengguna laut khususnya di wilayah Kabupaten Natuna, yang merupakan wilayah pulau perbatasan terluar Indonesia dan menjadi incaran negara-negara asing. Melalui perjanjian kerja sama ini diharapkan terbentuk kesepahaman pola pikir dan pola tindak dalam peningkatan keamanan dan keselamatan di perairan Natuna serta sebagai pedoman pelaksanaan kerja sama.

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah ,Nila Misdartiana, mengungkapkan, kerjasama yang dijalin dengan bakamla sangat bermanfaat bagi daerah, sehingga kerjasama antara bakamla dengan Pemda Natuna dilanjutkan hingga tahun 2022.

Pada perjajian pertama tahun 2012 hingga 2016 yang di lakukan pada periode Kepemimpinan Bupati Natuna Ilyas Sabli, hanya terkait pembangunan RCC atau pemantau keberadaan kapal asing guna pengamanan laut. Sedangkan pada perjanjian kerjasama tahap kedua pada tahun 2017 hingga 2022, ada penambahan item kerjasama yang dijalin.

“ Pada tahun 2017 ini kita memperpanjang kontrak dengan Bakamla, pada perjanjian ke 2 ini ada penambahan beberapa item. Yakni pada bulan mei akan dibentuk forum komunikasi keamanan dan keselamatan laut. Penyediaan dan pengadaan teknologi serta fasilitas infrastruktur berupa laan dan bangunan kantor, serta informasi bidang keamanan laut,” tutur Nila.

Selain itu, lanjut Nila, wacananya bakamla akan membenuk desa maritim dengan cara memberdayakan masyarakat pesisir. Hal itu dilakukan untuk kelancaran dalam kegiatan pengamanan laut natuna.

Sementara itu, dikutip berdasarkan rilis bakamla RI, Sekretaris Utama Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Sestama Bakamla RI), Laksda TNI Agus Setiadji, didampingi Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma TNI Prasetyo, melaksanakan inspeksi dan peninjauan terkait kondisi sumber daya Bakamla RI dari sisi personel dan sarana prasarana di Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Natuna, Prov. Kepulauan Riau.

****
 
Top