{[["☆","★"]]}
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Pemerintah Pusat menggelontorkan dana sebesar Rp.1,6 trilyun lebih untuk pembangunan wilayah perbatasan di propinsi kepri yang mencakup 5 Kabupaten kota di Kepulauan Riau. Penggelontoran dana tersebut dimasukan dalam program Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) Wilayah Kepulauan Riau.

Penggelontoran itu dilakukan melalui Program Gerbangdutas yang dicanangkan oleh Mentri Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto, di Ranai, Rabu (8/3/2017) pagi.

Pada kesempatan itu, Wiranto menyampaikan, melalui program Gerbangdutas, pembangunan di wilayah perbatasan Kepri akan menjadi prioritas utama, dengan alokasi dana yang dikucurkan secara bertahap selama 2 tahun anggaran, dimulai pada tahun 2017 ini.

Program Gerbangdutas melibatkan sejumlah kementrian terkait, sesuai dengan program pembangunan setiap daerah yang telah dicanangkan oleh Pemerintah baik Pusat maupun daerah.



“ Nantinya setiap kementrian akan langsung menunjukan program kerja ditiap daerah melalui percepatan pembangunan, yang akan kita mulai tahun ini,” kata Wiranto, Rabu (8/3/17).

Alokasi setiap daerah berbeda, menurut kebutuhan yang telah diusulkan oleh masing – masing daerah kepada Pemerintah Pusat. Dalam hal ini Kabupaten Natuna memperoleh alokasi dana Program gerbangdutas tersebut sebesar Rp. 470,657 milyar.

Melalui Program Gerbangdutas, pemerintah daerah dapat mempercepat pembangunan yang telah diprioritaskan sesuai potensi masing- masing daerah.

“Presiden menargetkan pembangunan melalui program Gerbangdutas ini akan selesai pada tahun 2018 mendatang. Dan itu harus selesai,” tegas Wiranto.

Turut dalam kunjungan kerja Menkopolhukam ke Natuna, sejumlah mentri terkait, diantaranya Mentri Dalam Negri Cahyo Kumolo, Mentri PUPL Basuki Hadi  Muldjono, Mentri Perhubungan Budi karya Sumadi, Mentri Komunikasi Informatika Rudi Antara, Mentri Pertahanan Keamanan Ryamizard Ryakudu, sejumlah petinggi TNI Polri, Direktur Utama Telkomsel, Gubenur Kepulauan Riau, serta sejumlah pejabat TNI Polri di kepri.

Adapun kabupaten Kota yang masuk dalam program Gerbagdutas diKepri diantaranya, Kabupaten Karimun, Kabupaten Anambas, Kabupaten Natuna, Kabupaten Bintan dan Kota Batam.

(Adewina)
 
Top