{[["☆","★"]]}
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Pemerintah akan kembali melakukan penenggelaman Kapal Ikan Asing (KIA) . Penenggelaman itu rencananya akan dilakukan secara terpusat pada tanggal 1 April mendatang.Untuk wilayah Natuna ada 29 KIA yang akan ditenggelamkan. 13 unit merupakan tangkapan KRI TNI AL dan 16 unit lagi tangkapan dari kapal Pengawasan Sumber Daya Kelautan Perikanan- PSDKP.

Komandan pangkalan TNI AL Ranai, Letkol Laut (P) Tony Herdjianto di Ranai mengatakan, selaku komandan Satgas penenggelaman untuk wilayah Natuna yang ditunjuk langsung oleh Mabes TNI, pihaknya telah mengkoordinir berbagai persiapan guna penenggelaman, diantaranya dengan melakukan rapat persiapan yang digelar, Rabu sore (29/3/17) di Mako Lanal Ranai.

“ Rapat persiapan kita laksanakan bersama unsur terkait, diantaranya kejaksaan, KKP, pengadilan dan Unsur lainnya, membahas mengenai persiapan penenggelaman,” jelas Danlanal , Kamis (30/3/2017).Penenggelaman akan dilakukan secara terpusat dengan di komandoi langsung oleh Mentri kelautan perikanan Susi pudjiastuti, yang rencananya akan memimpin langsung penenggelaman dari perairan Bitung Manado.

Sementara itu kegiatan penenggelaman dilaksanakan oleh tim Demolisi dari Korps  pasukan katak (Kopaska) TNI AL , dibawah  komando Armada Barat (Koarmabar).
“Semua Kapal yang akan ditenggelamkan telah mendapatkan putusan Pengadilan atau inkrah. Dan kegiatan penenggelaman itu merupakan tupoksinya Satgas 115 illegal Fishing,” tambah Danlanal.

Penenggelaman kapal ikan asing yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 April mendatang merupakan kegiatan pertama pada tahun 2017 ini dan akan dilaksanakan diperairan Kecamatan Pulau 3. Sementara tahun lalu pemerintah melalui Satgas Penenggelaman telah melakukan 4 kali penenggelaman 3 diantaranya dengan cara diledakkan dan 1 di tenggelamkan.

Adw
 
Top