Pemandangan Eksotis Alam Natuna


Pemandangan Eksotis Alam Natuna

BATAM I KEJORANEWS.COM : Natuna nama yang masih asing didengar oleh kebanyakan orang dan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Maklum, gugusan pulau yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) itu termasuk salah satu wilayah terdepan Indonesia. Tak banyak orang yang pernah menjejakkan kaki di pulau bertuah ini. Rabu (22/2/17).

Hal ini lah yang membuat potensi wisata Natuna masih terasa “keperawanannya”, bagi anda yang menginginkan wisata alam dan bahari dengan suasana yang masih nyaman, sejuk, dan original. Natuna adalah tempat yang tepat untuk dimasukan kedalam listing tempat wisata anda bersama keluarga dan sahabat untuk berlibur.

Meskipun letak Natuna begitu jauh, namun, kelelahan anda akan terbayarkan ketika anda disuguhi pemandangan eksotis alam Natuna, tentu keindahan alam natuna tidak kalah dari pemandangan Di Raja Ampat Papua dan Pulau Dewata Bali.

Natuna, yang dicomot dari bahasa Belanda natunae yang berarti alami, letaknya menjorok ke Laut China Selatan, mendekati Kepulauan Spratly yang jadi rebutan lima negara: China, Vietnam, Filipina, Malaysia, serta Brunei Darussalam.

Karena posisi kepulauan ini terisolasi di tengah laut luas layaknya pulau-pulau terluar negara kita lainnya, akses transportasi dari dan ke Natuna hanya jalur laut dan udara. Transportasi laut menjadi sarana angkut paling ekonomis untuk mencapai wilayah Natuna.
Dari Jakarta atau Surabaya, Anda bisa menumpang Kapal Motor (KM) Bukit Raya milik PT Pelni. untuk lego jangkar di kepulauan yang kaya minyak dan gas tersebut dibutuhhkan waktu kurang lebih 3 hari. Ongkosnya bervariasi, mulai dari Rp.550.000 untuk kelas ekonomi, hingga Rp. 1 juta lebih untuk kelas vip.

Tapi, bagi yang ingin cepat sampai ke Natuna, bisa menggunakan maskapai penerbangan. Namun, dari jakarta ataupun daerah lain di indonesia tidak ada maskapai yang langsung terbang ke pulau natuna, semuanya harus transit terlebih dahulu di bandara hang nadim batam, setelah itu barulah para wisatawan bisa menggunakan maskapai wings air dan sriwijaya air yang berangkat dari bandara hang nadim batam. Itupun pesawat tersebut tidak setiap hari masuk ke natuna.

Saat ini pemerintah daerah dan pemerintah pusat juga sedang berusaha mencarikan solusi untuk mengatasi masalah transportasi tersebut, kedepannya direncanakan akan dibuka penerbangan langsung dari jakarta-natuna maupun sebaliknya.

Karena letaknya yang berada di tengah laut, Natuna memiliki berbagai pantai dengan ciri khas berbeda namun semuanya sangat indah dipandang mata. Adapun 7 pantai yang direkomendasikan untuk dikunjungi jika berlibur ke natuna, yakni pantai cemaga, pantai teluk depeh, pantai pengadah, pantai tanjung datuk, pantai sengiap, pantai pulau senoa dan pantai sebagul.

Untuk mencapai pantai-pantai tersebut anda bisa menggunakan jasa travel di natuna. sebagai catatan, disekitar pantai tersebut tidak tersedia akomodasi yang lengkap. Karena letaknya yang cukup jauh dari pemukiman penduduk, anda disarankan untuk membawa bekal makan dan minum cukup sebelum menyambangi pantai-pantai yang berada di pulau natuna.

Bagi yang hobby menyelam dan memancing, laut natuna menyuguhkan berbagai biota laut yang elok untuk dilihat. Selain air lautnya yang masih jernih, berjuta jenis ikan tumbuh subur di perairan natuna. untuk wisata air tersebut juga sudah tersedia jasa angkutan kapal motor milik nelayan sekitar.

Selain memiliki objek wisata pantai dan alam laut, natuna juga memiliki objek wisata batu. Salah satunya adalah batu sindu, letaknya yang sangat dekat dengan kota ranai, menjadikan batu sindu sebagai tempat kegemaran masyarakat natuna melepas penat setelah bekerja. Di tempat ini kita dapat melihat hamparan laut natuna dan pulau senoa dari ketinggian.

Jika menginginkan wisata extreme, natuna juga memiliki tebing-tebing batu untuk dijadikan tempat hill climbing atau panjat tebing yang cukup menantang.

Untuk yang doyan mendaki, Gunung Ranai yang memiliki ketinggian 1.035 meter di atas permukaan laut bisa menjadi objek pendakian yang menarik. Walau tidak terlalu tinggi, Gunung Ranai memiliki gradasi jenis tanaman yang memperlihatkan tipe-tipe vegetasi seperti yang biasa ditemui di gunung yang tinggi. Misalnya, meranti, rasamala, keruing, dan turi.

Perlu diketahui Untuk penginapan, hotel , rumah makan, karaoke keluarga, mini market dan rental kendaraan, semua sudah tersedia di natuna. namun, tentu biaya hidup di natuna agak lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lain, sehingga para wisatawan diingatkan untuk membawa uang saku lebih.

Adewina

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama