{[["☆","★"]]}
PEKANBARU I KEJORANEWS.COM : Koperasi Karyawan Karya Mandiri (K3M) PT Ricry, yang berada di Jalan Nelayan, Kelurahan Sri Meranti, Kecamatan Rumbai, Rabu pagi (18/1/17)  menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun 2017.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula PT Ricry  tersebut dihadiri oleh, Pimpinan PT Ricry, Dinas Koperasi, Dinas Tenaga Kerja, Camat Rumbai, Lurah Sri Meranti, Persatuan Buruh, Ketua, Pengawas dan Peserta K3M PT Ricry, serta juga dihadiri Walikota Pekanbaru non aktif Drs H Firdaus ST MT dan Wakil Walikota Ayat Cahyadi SSi.

Dalam sambutanya, Ketua Koperasi Karyawan Karya mandiri PT Ricry, H Amril  Nasution, mengatakan  Koperasi PT Ricry yang berdiri sejak 25 Juni 2006 lalu, selama 4 tahun belakangan ini selalu mendapat Piagam dan Penghargaan dari Dinas Koperasi.

Dimana, jelas Amril, pada tahun 2013 dan 2016 lalu pihaknya mendapatkan Piagam Penghargaan RAT tepat waktu. Sedangkan untuk tahun 2014, Koperasi PT Ricry juga mendapat penghargaan sebagai Koperasi Berprestasi se Kota Pekanbaru.

"Tapi yang paling membanggakan itu pada tahun 2015 lalu. Dimana dari 960 koperasi yang ada, kita termasuk 12 Koperasi yang berprestasi. Sebagai penghargaanya, kami dibawa oleh Bapak Walikota Pekanbaru Drs H Firdaus ST MT bersama Dinas Koperasi ke Provinsi Bali untuk melakukan study banding," papar Amril.

Sementara itu, kata Amril untuk Sisa Hasil Usaha (SHU) K3M PT Ricry tahun 2017 ini mencapai Rp 82 juta. Dimana nilai ini mengalami peningkatan 40 persen dari tahun sebelumnya.

"Dan tingkat pengembalian SHU kepada anggota ditahun 2017 ini sebesar RP 600 ribu," terangnya.

Disebutkan Amril, tujuan pihaknya mengundang bapak Walikota Pekanbaru non aktif Drs H Firdaus ST MT, dalam pelaksanaan RAT tahun 2017 ini, karena Firdaus juga merupakan Pembina dan Pemimpin yang peduli terhadap Koperasi.

Dimana, dimasa Firdaus koperasi K3M PT Ricry hingga bisa aktif kembali dan berhasil meraih berbagai prestasi.

"Pada kesempatan ini kami juga ingin menyampaikan rasa terima kasih atas bimbingan selama ini dan kepercayaanya kepada kami hingga dipercaya untuk mengikuti Study Banding ke Provinsi Bali tahun 2015 lalu, semasa beliau masih menjadi Walikota Pekanbaru aktif," kata Amril

Dalam kesempatan itu, Drs H Firdaus ST MT yang diberi kesempatan untuk memberi sambutan mengatakan bahwa, koperasi merupakan tempat mengadu para Karyawan di sebuah Perusahaan.

Kedepan, Firdaus meminta kepada setiap koperasi yang ada untuk dapat mengembangkan menjadi Koperasi Serba Usaha, yang dapat memenuhi kebutuhan Sembako hingga Peralatan dan Perlengkapan rumah tangga para karyawannya.

Firdaus juga mengingatkan kepada pihak Perusahaan jangan memandang karyawan sebagai buruh, karena karyawan adalah aset dari perusahaan yang harus dijaga, dipelihara dan diperhatikan.

"Artinya sama-sama menjaga. Selaku karyawan harus kerja disiplin sesuai Tupoksi yang ada. Karena, bagaimanapun juga perusahan adalah milik karyawan. Sebab apapun sebab akibat yang akan terjadi semua akan mempengaruhi kehidupan Perusahaan dan juga karyawan," tegasnya.

Mulya Eka Sari, salah seorang karyawati yang berhasil menjadi anggota koperasi terbaik, saat diwawancara mengatakan bahwa koperasi perusahaan ini sangat membantu dirinya. Mulai dari biaya anak masuk Sekolah hingga membantu menutupi kekurangan untuk kebutuhan sehari-hari dirumah.

Bahkan, tambah Eka, saat ini dirinya juga sudah bisa mendapatkan berbagai kebutuhan Premier dari koperasi ini, seperti peralatan rumah tangga.

"Kedepan kami berharap Koperasi Karyawan Karya Mandiri PT Ricry ini bisa menyediakan kebutuhan seperti Sembako untuk karyawan. Sehingga dapat menarik minat karyawan lain yang hingga saat ini masih ada yang belum tergabung menjadi anggota koperasi," tandasnya.

Ejo
 
Top