{[["☆","★"]]}
BATAM I KEJORANEWS.COM : Permasalahan dualisme kepemimpinan Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat (LSM LIRA) di Kepri kini terjawab sudah. Jusuf Rizal Presiden LIRA sekaligus dewan Pendiri LIRA mengatakan, LSM LIRA  hanya satu yaitu dibawah kepemimpinan Jepi Candra. Hal ini disampaikan Jusuf Rizal di salah satu Restauran di Batam Center. Minggu (22/1/17).

Jusuf Rizal menjelaskan terkait adanya Perkumpulan Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat (Perkumpulan LSM LIRA) yang dipimpin oleh Olivia Elvira atau yang akrab disapa Ollies Datau, dan telah tercatat badan hukumnya di Kemenkumham RI, Jusuf mengatakan LSM LIRA yang di bawah kepemimpinannya tidak ada sangkut-pautnya. Namun karena mereka menggunakan logo dan atribut yang sama dengan LSM LIRA miliknya, maka pihaknya telah memberikan surat somasi (keberatan).

" Secara hukum mereka boleh membuat LSM, tapi bukan LSM LIRA yang sama dengan kami, karena mengacu pada UU No. 17 tahun 2013 tentang Organisasi Kemasayarakatan yakni pasal 59 ayat 1 E, mereka tidak boleh membuat logo, nama dan atribut yang sama dengan yang sudah ada. Dan menurut pasal 30 ayat 1 dan 2 dalam hal kader politik yang diberhentikan tidak boleh membuat organisasi yang sama, Jelas Jusuf Rizal.

Menurut Jusuf Rizal, nama dan logo LSM LIRA yang ia miliki telah dipatenkan di Dirjen Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kemenkumham RI.

" Sudah kita patenkan sejak tahun 2005, dan tahun 2015 lalu telah kita perpanjang di Dirjen HKI," tegasnya.


Jusuf menambahkan, mengenai keluarnya SK Perkumpulan Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat (Perkumpulan LSM LIRA) yang dipimpin oleh Olivia Elvira oleh Kemenkumham, dikarenakan memalsukan tanda tangan dirinya, dan hal itu dikatakannya, dirinya telah melaporkan permasalahan itu ke Mabes Polri dengan laporan mengenai pemalsuan surat atau akta otentik sesuai pasal 263 dan 264 KUHPidana.

" Sudah kita laporkan ke Mabes Polri dan sedang dalam proses, karena apa, saya itu memiliki 3 organisasi, yakni Ormas Perkumpulan LSM LIRA Indonesia, LSM LIRA, dan Partai Suara Rakyat Indonesia. Sekarang yang baru bergerak itu, LSM LIRA yang telah mendapat Rekor Muri sebagai LSM terbesar di Indonesia, dan satunya lagi Partai Suara Rakyat Indonesia. Sedangkan Ormas  Perkumpulan LSM LIRA Indonesia masih kita diamkan, belum bergerak," ujarnya.

Dalam keterangan pers ini, Jusuf Rizal sekaligus memberikan baju LSM LIRA dan baju Saber Pungli LSM LIRA kepada Ketua LSM LIRA Kepri, Jepi Candra dan Ketua Tim Saber Pungli LSM LIRA, Ahmad Rosano. Ia juga memperkenalkan buku karyanya yang berjudul " Suara di Luar Istana".

" Buku ini menerangkan tentang LSM Lira yang 10 tahun tetap konsisten dalam pengawasan pemerintah, LSM LIRA adalah 1. LSM LIRA sebagai organisasi pro pemerintah tetapi tetap kritis dan independen,2. jejak langkah sebagai penggiat anti korupsi, kita ceritakan tentang rekening gendut Banggar DPR, dan juga memenjarakan Gubernur, Bupati dan Walikota yang korupsi dan ke 3 mengenai proses sejarah melahirkan sayap organisasi LSM LIRA dan badan otonom, sayap organisasi itu adalah perempuan LIRA, dan ada juga tentang sejarah berdirinya LIRA dan konfik di dalamnya, yaitu tentang pendiri yang dipecat dan ada juga yang makar, semua ada kita tuliskan di sini," ujarnya.

Rdk
 
Top