{[["☆","★"]]}
BINTAN I KEJORANEWS.COM : Kelompok Tani Sumber Makmur Kampung Wacopek Kelurahan Gunung Lengkuas, Kecamatan Bintan Timur, panen buah semangka. rasa syukur atas panen buah tersebut, mereka mengundang Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Dr Nurdin Basirun S.Sos Msi dalam memanen buah-buah segar tersebut.Kamis (29/12/16).

Kegiatan memanen hasil tani ini cukup meriah, selain Gubernur Kepri, acara turut dihadiri oleh Kadis Pertanian Prov Kepri, Kadis Dispora, Sekcam Bintan Timur, Lurah Gunung Lengkuas, Kanitkantibmas Bintim, serta para kelompok tani.

Suari Ketua Kelompok Tani Sumber Makmur dalam kata sambutannya mengatakan,lahan yang dijadikan pertanian oleh 26 kelompok tani seluas 4 hektar, dan lahan tersebut masih milik PT. MDM. Sedangkan dalam pengolahan lahan serta penanaman, Suari mengaku mereka masih me lakukannya secara manual.

" Kami berharap melalui Gubernur Kepri, PT. MDM dapat menghibahkan tanah 4 hektar itu untuk kami jadikan pertanian. Kami juga berharap adanya bangunan tempat mengolah pupuk organik. Selama ini pemerintah telah memberikan alat-alat pengolah pupuk, namun kami belum ada tempatnya. Di momen inilah kami harap pemerintah dapat membantu kami," ujarnya.

Suari juga menyampaikan, bahwa panen semangka sebelumnya sebanyak 35 ton. Semangka itu dipasarkan untuk Kota Tanjungpinang dan Bintan.

" Dari Tanjungpinang setiap harinya memesan 10 ton, belum lagi untuk bintan sendiri, biasanya  para pedagang buah langsung datang mengambil sendiri ungkap Suari," tambahnya.


Dalam kegiatan ini, Gubernur Prov Kepri Dr. Nurdin Basirun S.Sos Msi menyatakan apresiasinya dengan kinerjka yang dilakukan kelompok tani sumber makmu.

" Mengenai masalaah lahan akan di usahakan dan dibicarakan pada pemerintah Daerah Bintan, agar lahan tersebut bisa digunakan muntuk para petani kedepannya," Ujar Nurdin Basirun.

Disamping itu, Gubernur juga mengajak para petani untuk membangun satu musola di sekitar area kebun, agar para petani dapat menjalankan ibadah.

" Mengenai masalah angkutan serta bantuan traktor dan bibit ikan, kita akan berusaha membantu," tutur Nurdin.


Obet
 
Top