{[["☆","★"]]}
ACEH I KEJORANEWS.COM : Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat wilayah Sigli dan Pidie di Aceh kembali di guncang gempa pada Sabtu malam (10/12) pukul 23.42 WIB atau jelang Ahad dini hari.

Peringatan dini BMKG mencatat kekuatan gempa mencapai 4,3 skala richter, dengan kedalaman 20 kilometer. Lokasi guncangan gempa berada di 5,4 Lintang Utara dan 96,17 Bujur Timur.

Pusat gempa berada di laut, berjarak 23 kilometer timur dari Sigli dan Pidie, Aceh. Kekuatan gempa berada III-V Pidie Jaya. Terkait potensi Tsunami, hingga berita ini diturunkan belum ada informasi lebih lanjut dari BMKG.

Sebelumnya Rabu (7/12), gempa 6,5 SR menimpa Pidie Jaya, akibat gempa itu menurut data dari Dinas Pendidikan Pidie Jaya, kini sudah tercatat 84 sekolah rusak. Di antaranya, bengunan SD 60 unit, SMK empat unit, SMP 15 unit, dan SMA lima unit. Sarana sekolah itu tersebar di Bandar Dua, Bandar Baru, Trienggadeng, Panteraja, dan Meureudu.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB menyebutkan jumlah korban tewas setelah gempa yang terjadi di Kabupaten Pidie Jaya bertambah menjadi 102 orang, dan lebih dari 700 orang luka berat dan ringan.

BNPB mengatakan korban tewas itu tersebar di tiga kabupaten yaitu Pidie Jaya, Pidie dan Bireun. Getaran gempa juga merusak ratusan bangunan ruko dan rumah, sehingga menyebabkan 3.276 orang mengungsi.

Sumber: republika.co.id, bbc.com/indonesia
 
Top