{[["☆","★"]]}
BATAM I KEJORANEWS.COM : Dalam upaya meningkatkan kreatifitas serta gemar membaca kepada anak usia sekolah, Kantor Perpustakaan dan Arsip Bintan menyelenggarakan lomba cerita untuk tingkat Sekolah Dasar ( SD ) dan lomba berbalas pantun untuk tingkat Sekolah Menengah pertama ( SMP ). Kamis (17/11/16).

Lomba yang diselenggarakan di Taman Kota Kantor Perpustakaan dan Arsip Bintan,  Kijang ini dibuka Bupati bintan H. Apri sujadi S.Sos.

Dalam kata sambutannya H.Apri Sujadi Bupati Bintan menyatakan apresiasinya kepada panitia penyelenggara kegiatan, karena menurutnya meningkatkan gemar membaca di kabupaten Bintan merupakan satu hal yang wajib di laksanakan.

" Dalam meningkatkan ilmu dan gemar membaca pemerintah akan terus mendukung, apa lagi dalam pelaksanaanya di ikuti anak- anak di usia dini. Pemerintah Kabupaten Bintan akan membangun satu gedung pintar yang letaknya di taman kota pada tahun 2017 mendatang. Gedung pintar itu nanti untuk meningkatkan para pelajar baik dari usia dini sampai mereka yang sudah di perguruan tinggi, agar mereka terus gemar membaca dan meningkatkan SDM. Gemar membaca bukan sepenuhnya tanggung jawab Pemerintah ataupun guru pendidik, namun peran orang tuapun sangat mendukung," ucap Apri.

H.Arnel selaku Kepala Perpustakaan dan Arsip Bintan mengatakan, Jumlah perserta yang mengikuti lomba seluruhnya sebanyak 48 pelajar. Tingkat SD mengikuti katagori lomba bercerita dan tingkat SMP katagori lomba berbalas pantun.

" Masing masing 9 Kepala UPT PAUS Se Kabupatren Bintan Mengutus anak didiknya untuk mengikuti lomba yang diselenggarakanya terkecuali kecamatan tembelan yang saat ini kondisi cuaca sangat buruk sehingga tidak dapat menghadiri lomba. Inti dari lomba ini untuk menjadikan manusia Litirasi ( dengan modal membaca dan menulis bisa mengembangkan dirinya untuk menjadi penulis kedepannya ). Harapan kita dengan  gemar membaca di usia dini ini,  mereka anak-anak akan menjadikannya sebagai kebutuhan, bukan hanya sekedar hobi. Kedepan kita akan melakukan promosi serta lomba bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupoaten Bintan," terangnya.

Selain itu Arnel juga mengatakan, pada tahun 2017 mendatang Perpustakaan dan Arsip akan membuat program tentang giat membaca, yang mana bantuan pemerintah seperti bus dan trnsportasi laut anak sekolah akan di lengkapi dengan perpustakaan.

" Dengan begitu ketika jam sebelum masuk sekolah para pelajar yang berada dikendaraan dapat mengisi waktu untuk membaca, sebelum sampai sekolah. Hal itu  agar mereka dapat menambah wawasannya," pungkas Arnel.

Obet
 
Top